Sila ke 5 Pancasila: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Template PPT Gratis – Sila ke 5 Pancasila berbunyi “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Sedangkan 4 sila lainnya juga memiliki lambang dan makna masing-masing. Lalu apa wujud lambang sila ke-5 Pancasila dan maknanya?

Berikut Template ppt akan mengulas secara ringkas dan jelas lambang sila ke-5 Pancasila sekaligus maknanya yang harus kita ketahui sebagai warga masyarakat Indonesia. Berikut ulasan lengkapnya.

Bacaan Lainnya

Lambang Sila ke-5 Pancasila dan maknanya

Sila ke-5 Pancasila

Bunyi sila ke-5 Pancasila adalah ”Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Dari kalimat sila tersebut menyiratkan seluruh rakyat Indonesia harus mendapatkan keadilan sosial yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ini berarti bahwa setiap masyarakat Indonesia memiliki hak, kewajiban, serta derajat yang sama di mata hukum dan negara. Sila ke-5 Pancasila menggambarkan harapan bangsa Indonesia agar negara dapat menerapkan keadilan sosial bagi seluruh rakyatnya.

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, lambang sila ke-5 Pancasila adalah Padi dan Kapas yang menjadi identitas sekaligus karakteristiknya. Ilustrasi terkait kuat dengan kebutuhan dasar manusia, yaitu sandang (pakaian) dilambangkan dengan kapas dan pangan (makanan) dilambangkan dengan padi.

Padi dan Kapas

Arti Padi dan Kapas dalam sila ke-5 Pancasila adalah sebagai berikut:

  • Kapas: Kebutuhan pakaian (Sandang) Manusia
  • Padi: Kebutuhan makanan (Pangan), ini adalah kebutuhan Primer Manusia
  • Warna: Melambangkan syarat utama untuk mencapai kemakmuran warga negara Indonesia

Padi

Seperti telah disinggung di atas, masyarakat Indonesia telah dikenal dunia internasional sebagai negara agraris, karena masyarakat yang mayoritas pekerjaannya sebagai petani, terutama petani penanam padi. Padi adalah tanaman yang menghasilkan beras yang menjadi salah satu bahan pangan pokok di Indonesia.

Padi tergambar dengan warna kuning merupakan tanda bahwa tanaman tersebut telah siap untuk dipanen. Maka, padi pada lambang sila ke-5 Pancasila bermakna “pangan” yang dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia karena berkecukupan dalam hal pangan.

Kapas

Lambang sila ke-5 Pancasila kedua adalah kapas. Kapas merupakan bahan utama dalam pembuatan pakaian atau sandang. Dengan demikian, lambang kapas berguna untuk menjaga rakyat Indonesia supaya selalu bisa memperoleh kehidupan yang sejahtera dengan tercukupinya kebutuhan pakaian.

Lambang kapas terdiri dari dua warna yang berbeda, yaitu warna putih dan hijau. Warna putih bisa maknai sebagai lambang kedamaian, ketenangan, dan kerukunan. Dan warna hijau bisa diartikan kesegaran, kesuburan, dan kehidupan.

Dari ulasan di atas dapat kita simpulkan bahwa lambang sila ke-5 Pancasila yang berupa padi dan kapas memiliki arti atau makna kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan begitu, diharapkan rakyat Indonesia bisa sejahtera yang akhirnya memudahkan pembangunan dalam segala aspek kehidupan.

Sila ke-5 Pancasila ini bisa anda gunakan sebagai bahan materi PPT yang dapat anda presentasikan kepada para siswa.

Apa arti setiap lambang pada Garuda Pancasila? Silahkan baca Lambang negara Indonesia: Sejarah, makna sila, dan filosofinya

Pos terkait