Sila ke 4 Pancasila: bunyi, lambang, dan maknanya

Sila ke-4 Pancasila

Template PPT Gratis – Sila ke 4 Pancasila berbunyi “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan”. Sebagai dasar ideologi negara Indonesia, Pancasila memuat nilai-nilai yang berkaitan dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Setiap sila memiliki lambang dan makna yang berbeda-beda, misalnya lambang sila ke-4.

Lambang Garuda Pancasila telah tertuang dalam Undang-Undang RI Nomor 24 Th 2009 yang berisi bendera, bahasa, lambang negara, dan lagu kebangsaan.

Read More

Apa Lambang Sila ke-4?

Sila ke-4 Pancasila

Garuda Pancasila telah resmi diakui sebagai lambang NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia (baca Garuda Pancasila direvisi dan diresmikan).

Kata pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, Panca berarti lima dan sila berarti asa dan prinsip. Dan jika dikerucutkan, Pancasila berarti lima prinsip bangsa Indonesia.

Sila yang terkandung dalam Pancasila memiliki lambang dan maknanya sendiri, termasuk lambang sila ke-4 yang berwujud kepala banteng. Adapun bunyi sila ke-4 pancasila adalah “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan”.

Makna Lambang Sila ke-4

Apa makna lambang sila ke-4 Pancasila? berikut ulasan lengkapnya:

Kepala Banteng

Dalam kehidupan hewan, banteng merupakan makhluk yang suka hidup berkumpul dan berkelompok. Dengan hidup berkelompok, kawanan tersebut dapat saling tolong-menolong. Karenanya, kepala banteng sesuai jika menjadi lambang sila ke-4 yang memiliki nilai gotong royong.

Warna Dasar Merah

Warna merah yang digunakan sebagai latar belakang gambar kepala banteng merupakan lambang keberanian. Ini sangat sejalan dengan lambang sila ke-4, karena menggambarkan perilaku bangsa Indonesia yang kuat dan berani dalam bermusyawarah untuk mencapai mufakat.

Bangsa Indonesia pada dasarnya harus memiliki keberanian dalam mengutarakan pendapat, sekaligus berani melaksanakan apa yang telah menjadi hasil keputusan dari hasil musyawarah.

Bunyi sila ke-4 ini tersirat ‘kerakyatan’, yang mana harus melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan jujur sejalan dengan apa yang telah diaspirasikan oleh rakyat.

DOWNLOAD Template Powerpoint Makna 5 sila Pancasila

Sila ke-3 Pancasila ini bisa anda gunakan sebagai bahan materi PPT yang dapat anda presentasikan kepada para siswa.

Demikian ulasan singkat ini, semoga menuai manfaat.

Related posts