Peta Politik Sri Lanka lengkap pembagian administrasi

Peta-png-Sri-Lanka

Peta Politik Sri Lanka menunjukkan batas-batas administrasi, memiliki jumlah sembilan provinsi dan 25 kabupaten. Setiap kabupaten terikat ke provinsi. Kabupaten merupakan tingkat kedua dari struktur administrasi provinsi. Dengan ini, anda dapat membuat presentasi negara Sri Lanka dengan cepat dan mudah hanya menggunakan Powerpoint. Adapun pembagian wilayahnya adalah sebagai berikut:

No.Nama ProvinsiIbukota
1Central (Tengah)Kandy
2Eastern (Timur)Trincomalee
3North Central (Tengah Utara)Anuradhapura
4Northern (Utara)Jaffna
5North Western (Barat Utara)Kurunegala
6SabaragamuwaRatnapura
7Southern (Selatan)Galle
8UvaBadulla
9Western (Barat)Colombo

Galeri Peta Sri Lanka

Sri Lanka terletak di Asia selatan, di lepas pantai tenggara India. Sri Lanka adalah sebuah pulau yang berbatasan dengan Teluk Mannar di barat, Teluk Benggala di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Teluk Palk di barat laut.

Negara Tetangga Sri Lanka: India

Peta Wilayah: Peta Asia, Peta Dunia

Yang perlu diketahui

Kota di Sri Lanka

Ambalangoda, Ambalantota, Amparai, Anuradhapura, Badulla, Batticaloa, Bentota, Beruwala, Chilaw, Kolombo, Galle, Hambantota, Hendala, Hikkaduwa, Jaffna, Kalpitiya, Kalutara, Kandy, Kankesanturai, Kattankudi, Kegalla, Killinochchi, Kurunegalalam, Mannar, Matale, Matara, Moneragala, Moratuwa, Mullaittibu, Negombo, Nuwara Eliya, Opanake, Panadura, Point Pedro, Polgahawela, Polonnaruwa, Pottuvil, Pulmoddai, Puttalam, Ratnapura, Trincomalee, Vavuniya dan Weligama.

Bisnis di Sri Lanka

Sri Lanka berada di peringkat 99 di antara 190 ekonomi dalam kemudahan berbisnis, menurut peringkat tahunan Bank Dunia terbaru. Peringkat Sri Lanka meningkat menjadi 99 pada 2019 dari 100 pada 2018.

Ekonomi Sri Lanka naik 3,7 persen tahun-ke-tahun pada 2021, menyusul penurunan 3,6 persen yang disebabkan pandemi pada 2020, tetapi di bawah proyeksi revisi turun bank sentral sebesar 4 persen yang dibuat pada Januari. Namun, Sri Lanka menghadapi krisis ekonomi terburuk yang pernah ada, yang telah menaikkan harga dan memicu kekurangan makanan dan bahan bakar di seluruh negeri.

Lokasi Strategis Sri Lanka

Teluk Benggala, Gal Oya, Teluk Mannar, Samudra Hindia, Kala Oya, Kalu Ganga, Teluk Koddiyar, Danau Mundal, Teluk Palk, Selat Palk dan Yari Oya.

Sumber Daya Alam Sri Lanka

Sri Lanka memiliki sumber daya mineral yang meliputi grafit, permata, batu kapur, pasir mineral, dan tanah liat. Sumber daya alam lainnya untuk negara ini termasuk fosfat dan tenaga air. Bahaya Alam Sri Lanka:Sri Lanka memiliki beberapa bahaya alam, yang meliputi tornado atau topan sesekali.

Masalah Lingkungan Sri Lanka

Negara Sri Lanka memiliki sejumlah masalah lingkungan. Sumber daya air tawar tercemar oleh pembuangan limbah, limpasan limbah, dan limbah industri. Ada degradasi pantai dari meningkatnya polusi dan kegiatan pertambangan. Isu mengenai tanah termasuk deforestasi dan erosi tanah. Populasi satwa liar negara itu terancam oleh perburuan dan urbanisasi. Kota Kolombo memiliki polusi udara.

Related posts