Jelaskan pengertian perdagangan internasional

Jelaskan pengertian perdagangan internasional

Perdagangan internasional adalah cara bagi konsumen di berbagai negara untuk membeli barang yang tidak tersedia secara lokal. Ini melibatkan penjualan barang dan jasa dari satu negara ke negara lain. Perdagangan tersebut terdiri dari semua transaksi antara individu atau bisnis di berbagai negara.

Artinya, konsumen dapat membeli barang yang diproduksi oleh perusahaan di negara lain tanpa harus bepergian ke sana sendiri.

Read More

Perdagangan internasional menguntungkan produsen dan pembeli barang yang diperdagangkan. Konsumen diuntungkan karena mereka memiliki akses ke berbagai macam produk dengan harga yang kompetitif; produsen diuntungkan karena pasar mereka tumbuh lebih besar dan lebih beragam, sehingga memungkinkan mereka menjual lebih banyak produk dengan harga lebih murah daripada jika mereka hanya melayani satu wilayah geografis atau segmen pasar.

Baca juga Ciri-ciri perdagangan internasional dan jalur perdagangan antarnegara

Perdagangan internasional melibatkan penjualan barang dan jasa antar negara

Tentang perdagangan internasional

Ini berbeda dengan bisnis internasional, yang mengacu pada operasi bisnis yang beroperasi lintas batas. Misalnya, perusahaan yang berbasis di AS mungkin memiliki pabrik di Kanada dan Meksiko, tetapi masih beroperasi sebagai satu perusahaan daripada dua entitas terpisah dengan tujuan atau budaya yang terpisah.

Meskipun perdagangan tersebut dapat dianggap sebagai bagian dari bisnis internasional, ada beberapa perbedaan utama:

Dalam perdagangan, kedua belah pihak yang terlibat dalam pertukaran memandang satu sama lain sebagai sederajat; sedangkan dalam hubungan bisnis internasional, acap kali terjadi ketidakseimbangan kekuatan karena jarak geografis atau perbedaan budaya (misalnya, salah satu pihak mungkin berasal dari negara lain).

Perdagangan internasional sering kali melibatkan elemen-elemen seperti tarif (pajak atas barang impor) atau kuota (batas atas tentang berapa banyak bahan impor yang dapat masuk ke negara tertentu). Langkah-langkah ini diberlakukan oleh pemerintah agar industri dalam negeri tetap kompetitif terhadap pesaing asing; namun mereka juga memberikan perlindungan terhadap produk yang lebih murah yang masuk ke pasar mereka, yang dapat menurunkan harga bagi konsumen di dalam negeri jika dibiarkan tidak terkendali oleh kebijakan intervensi pemerintah seperti yang disebutkan di atas.”

Baca juga Dampak Perdagangan Internasional Globalisasi Ekonomi

Manfaat

Perdagangan internasional melibatkan penjualan barang dari satu negara ke negara lain. Ini adalah pertukaran jasa, produk, dan gagasan antara dua negara atau lebih.

Perdagangan internasional telah ada selama berabad-abad, tetapi telah tumbuh secara eksponensial sejak Perang Dunia II berakhir pada tahun 1945, misalnya, jumlah perdagangan yang terjadi setiap tahun sekarang lebih tinggi daripada sebelum Perang Dunia II dimulai pada tahun 1939 (Stiglitz).

Ada banyak manfaat dari perdagangan internasional:

  • Meningkatkan kekayaan karena negara-negara dapat mengkhususkan diri dalam memproduksi produk-produk yang paling baik mereka buat; spesialisasi ini memungkinkan mereka untuk memproduksi lebih banyak barang dengan sumber daya yang lebih sedikit (Sullivan).
  • Menciptakan lapangan kerja bagi individu yang jika tidak, tidak akan dapat menemukan pekerjaan; pekerjaan ini sering kali membayar upah lebih tinggi daripada jenis pekerjaan lain yang tersedia secara lokal (Sullivan).

Namun, ada juga beberapa risiko yang terlibat dalam perdagangan internasional:

  • Beberapa negara mungkin berbuat curang dengan menurunkan harga secara tidak adil sehingga konsumen membeli produk mereka meskipun harganya lebih murah daripada produk serupa yang dibuat oleh perusahaan lain yang melakukan bisnis di tempat lain dalam kondisi yang adil (Sullivan). Hal ini dapat membawa kita ke lereng licin menuju persaingan tidak sehat di mana setiap orang berusaha sekuat tenaga sampai tidak ada yang memenangkan apa pun lagi! Jika Anda ingin detail lebih lanjut tentang cara kerja kecurangan, klik di sini!

Contoh perdagangan internasional

Contoh perdagangan internasional, seorang konsumen dapat membeli iPhone dari China karena harganya lebih murah di sana daripada di Amerika Serikat. Konsumen kemudian akan membayar biaya pengiriman dan biaya lain yang terkait dengan pengiriman produk kepada mereka secara internasional (seperti bea cukai). Manfaat melakukan hal ini adalah seringkali lebih terjangkau daripada membeli satu di rumah bahkan setelah membayar semua biaya tambahan tersebut.

Mengimpor dan mengekspor juga memiliki manfaat lebih dari sekadar harga: mereka memungkinkan negara-negara yang menghasilkan produk dengan biaya lebih rendah daripada yang lain akan dapat menjualnya dengan harga yang lebih rendah juga; ini membantu memastikan setiap orang memiliki akses ke produk berkualitas baik tanpa harus menghabiskan terlalu banyak uang untuk itu (yang bisa jadi sulit bagi sebagian orang).

Kesimpulan

Kesimpulannya, perdagangan internasional terdiri dari semua transaksi antara individu atau bisnis di berbagai negara. Ini adalah cara untuk bertukar barang, jasa, dan modal antar negara. Ini memungkinkan konsumen di berbagai negara untuk membeli barang yang tidak tersedia secara lokal.

Related posts