10 tips ampuh membuat presentasi

tips membuat presentasi yang ampuh

Hai sobat, kali ini saya akan berbagi bagaimana untuk meningkatkan keterampilan presentasi Anda. Tips ini bisa diterapkan bagi anda yang sedang di perguruan tinggi atau bisa juga presentasi bisnis untuk kolega Anda.

Untuk itu hari ini saya akan membagikan 10 tips dan teknik ampuh yang akan membantu Anda memberikan presentasi hebat untuk waktu mendatang. Silahkan baca lebih lanjut.

1. Membuat sketsa garis besar presentasi

Sebelum mulai mempersiapkan slide Anda, coba pikirkan terlebih dahulu topik presentasi Anda, berapa lama waktu yang telah diberikan kepada Anda, dan siapa yang akan audiens Anda.

Berdasarkan pertimbangan ini sketsa garis besar atau dasar presentasi, Anda bisa terlihat apa adanya. Beberapa topik yang Anda sampaikan harus mengandung pesan kepada audiens yang akan mereka bawa pulang nantinya.

Ketika Anda membuat sketsa garis besar ini, Anda akan tahu jumlah slide yang dibutuhkan, apa yang akan menjadi judul utama di presentasi Anda, bagaimana informasi akan mengalir dari satu slide ke slide lainnya. Dengan demikian ini akan membantu mempersiapkan presentasi Anda akan menjadi sangat mudah.

2. Menggunakan palet warna

Setelah garis besar presentasi siap, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih template untuk presentasi, dan salah satu aspek penting dari template adalah Palet warna.

Palet warna dapat anda gunakan untuk mengkombinasikan warna yang akan membuat presentasi Anda terlihat benar-benar cantik. Jika Anda mempersiapkan template dari awal, sebaiknya gunakan palet warna ini. Sekarang sudah banyak website yang
menyediakan palet warna yang indah. Misalnya nda bisa melihatnya di sini.

Saat memilih warna, kami menyarankan gunakan palet yang cocok dengan warna dari merek yang Anda hadirkan, misalnya Anda memiliki presentasi perguruan tinggi, maka Anda bisa menggunakan warna yang ada pada logo perguruan tinggi tersebut, atau jika Anda akan mempresentasikan perusahaan maka Anda dapat memilih warna yang mewakili merek atau logo perusahaan perusahaan tersebut.

Meskipun terdengar sepele, warna tema akan memberikan pengaruh besar di seluruh slide presentasi Anda.

Baca juga Cara mengubah Warna Teks di Powerpoint

3. Memilih font yang tepat

Tips selanjutnya adalah menggunakan font yang tepat untuk presentasi Anda. Dalam sebuah presentasi, banyak orang sering menggunakan times new roman. Sebenarnya tidak masalah, namun itu adalah font serif yang memiliki ketebalan berbeda di setiap bagian, ini akan menyulitkan audiens di media digital.

Agar tampilan digital presentasi baik, saran kami gunakan font sans serif. Font jenis ini memiliki ketebalan yang seragam, sehingga lebih mudah dibaca. Rekomendasi lainnya, anda bisa menggunakan font sains.

Lihat juga Rekomendasi 156 font yang wajib diinstal di PowerPoint

4. Gunakan judul yang kuat

Sebagian besar orang menggunakan judul slide yang membosankan, judul yang baik terdiri dari beberapa kata yang menjelaskan secara garis besar tentang apa isi slide Anda. Misalnya Anda memiliki presentasi panel surya, maka gunakan judul sebagai pengenalan. Anda bisa menuliskan apa itu panel surya di header, ini akan menarik perhatian audiens Anda, akan membuat mereka mendengarkan presentasi Anda dan mengingatnya dalam waktu lebih lama setelah Anda selesai menyajikannya.

5. Kendalikan jumlah teks pada slide Anda

Ingatlah bahwa segala sesuatu yang terlalu banyak akan menjadi sangat membosankan, begitu pula sebaliknya. Untuk itu sebaiknya ikuti prinsip 7×7.

Menurut aturan 7×7, Anda seharusnya tidak menempatkan lebih dan tidak kurang dalam satu kalimat. Ini berarti gunakan tujuh kalimat atau tujuh baris dalam sebuah slide.

Saran saya, jangan menulis informasi dalam paragraf. Coba gunakan poin-poin pada slide Anda ketika menulis informasi. Gunakan hanya frasa yang menyebutkan frase kunci, agar audiens dapat dengan mudah memahaminya. Penting mengikuti semua langkah sederhana ini, karena penulisan konten yang menarik akan membuat audiens lebih terlibat dalam presentasi Anda.

6. Gunakan grafik

Tip selanjutnya adalah tentang menggunakan grafik pada slide Anda. Selain teks, penonton biasanya berfokus pada bentuk visual, jadi Anda harus meluangkan waktu untuk membuat mereka eye-catching ketika melihat ke data. Saran saya, gunakan
grafik seperti diagram batang atau diagram lingkaran.

Jika menggunakan gambar, hindari menggunakan clipart atau gif, atau gambar yang kualitasnya rendah, atau memiliki watermark. Anda dapat mencari beberapa situs di internet untuk mendapatkan gambar berkualitas bagus secara gratis, seperti pixabay, atau situs web lainnya.

Jika Anda mendapatkan foto dari sumber yang diterbitkan dari sebuah website di internet selalu pastikan Anda menghargai ini
gambar dan sebutkan sumber di mana Anda mendapatkannya. Ini akan meningkatkan kredibilitas pekerjaan Anda.

7. Cara menyampaikan presentasi yang baik

Setelah slide Anda siap, mari kita bahas beberapa tips tentang cara menyampaikan presentasi.

Saya paham kebanyakan dari Anda merasa sangat gugup ketika sampai di atas panggung dan menyampaikan presentasi. Tetapi semoga tips ini bisa membantu meningkatkan keterampilan presentasi Anda dan menyingkirkan kegugupan ketika mulai melakukan presentasi.

Kebanyakan orang ketika mereka naik ke atas panggung untuk berbicara, mereka akan membelakangi penonton dan kemudian membaca semua dari presentasi. Ini akan sangat membosankan audiens Anda.

Ada juga mereka akan mengambil selembar kertas di atas panggung, dan kemudian mereka akan membaca semuanya dari
sana. Tolong jangan lakukan itu!

Kedua metode ini akan mencegah kontak mata dengan audiens. Dalam beberapa waktu, audiens akan kehilangan minat dan berhenti mendengarkan Anda. Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah membuat gaya penyampaian yang lebih menarik dengan poin-poin penting presentasi dan kemudian menguraikan poin-poin tersebut untuk membuat kontak mata dengan audiens Anda.

Mode semacam ini akan membantu berhubungan lebih baik dengan orang-orang yang mendengarkan Anda dan membawa mereka ikut terlibat disepanjang presentasi.

8. Menjaga kontak mata dengan audiens

Menjaga mata kontak mata dengan audiens sangat penting, karena ini berhubungan dengan keterlibatan mereka. Jika Anda merasa
grogi, saran saya mulailah menatap penonton dan sapa mereka dengan akrab dan ramah. Secara perlahan Anda bisa melihat ke yang lain. Anda mungkin bisa melihat beberapa orang di sebelah kiri, lalu di tengah dan kemudian mungkin di sebelah kanan dan bahkan semuanya.

Anda harus mengulangi latihan ini, ketika sudah terbiasa melakukannya, Anda akan menyadarinya bahwa Anda telah dapat mengikat seluruh penonton.

9. Gunakan bahasa tubuh

Selain dengan membuat kontak mata, tips berikutnya aspek keterampilan presentasi yang baik adalah bahasa tubuh. Penelitian mengatakan bahwa komunikasi berlangsung tidak melalui apa yang Anda katakan, tetapi melalui bahasa tubuh Anda. Jadi gunakan bahasa tubuh Anda sesuai keinginan Anda untuk meningkatkan dampak presentasi Anda.

Menjaga postur tubuh tetap lurus menjaga mata kontak dengan audiens Anda dan gunakan gerakan tangan untuk meningkatkan dampak penyampaian presentasi Anda.

Jika tidak nyaman menggunakan tangan, Anda juga bisa dalam pose tegap. Menjaga tangan Anda dalam postur ini akan menunjukkan kepercayaan diri saat Anda berbicara. Jadi gunakan bahasa tubuh untuk keuntunganmu saat menyampaikan presentasi.

10. Melatih diri

Tips terakhir adalah berlatih semua tips di atas. Semua tips di atas tidak ada gunanya jika Anda tidak berlatih untuk menerapkannya. Kapan pun Anda mempersiapkan presentasi, pastikan untuk menggunakan tips ini. Ini akan membantu Anda mengingatnya dan
menerapkannya untuk presentasi Anda di masa mendatang.

Setelah slide siap dibuat, pastikan untuk berlatih menyampaikan presentasi tersebut dengan cara berdiri di depan cermin atau rekamlah dengan kamera ponsel. Ini adalah yang terbaik, karena dengan cara Anda dapat menganalisis kesalahan dan memperbaikinya dengan cepat. Latihan, latihan, dan latihan hingga Anda senang puas dan merasa sangat percaya diri.

Itulah 10 teknik ampuh yang ingin saya bagikan dengan Anda kali ini tentang keterampilan presentasi. Jika Anda menerapkan tips tersebut dengan benar, saya yakin Anda akan melihat perbedaan yang jelas pada gaya presentasi Anda.

Related posts